Macam-Macam Kelas Motherboard Untuk Gaming Yang Harus Kamu Tau Sebelum Membeli PC

Memang PC adalah mesin yang menarik, jika kalian mengerti cara merakit sebuah PC yang benar, kalian dapat memaksimalkan keperluan kalian saat menggunakan PC. Misalnya jika kalian ingin menggunakan PC kalian untuk kegiatan rendering maka anda dapat memaksimalkan komponen RAM, VGA, dan Processor kalian.

Jika ingin menggunakan untuk gaming, banyak aspek yang dapat kalian perlu pertimbangkan seperti VGA,RAM,Processor, HDD, dan Motherboard. Penting untuk mengetahui Jenis motherboard untuk gaming, karena motherboard adalah komponen terpenting dalam sebuah perangkat motherboard berfungsi sebagai pondasi dari PC itu sendiri.

Penjelasan Komponen Yang Perlu Kalian Tahu

Sebelum Kalian membeli PC gaming atau ingin mengupgrade PC kalian saya akan menjelaskan mengenai komponen PC sendiri.

Motherboard

Motherboard adalah pondasi dari Komputer itu. Motherboard adalah komponen yang menyatukan semua bagian penting dari segala komponen lainya. Sangat penting untuk mengetahui informasi terbaru dari motherboard itu sendiri, karena perannya yang menyatukan komponen sangat penting, bisa saja komponen yang terbaru tidak dapat digunakan untuk PC anda.

Processor

Otak dari PC anda. Tanpa adanya processor maka tak akan ada computer. Fungsi processor adalah melakukan perhitungan dan melakukan perintah pada komponen lain pada PC. Processor yang baik akan menunjang perankat lainya, anggap saja processor adalah jalan dan perangkat lainya adalah kendaraan, mau sehebat apapun kendaraan anda, tidak akan maksimal jika jalan yang dijalani rusak.

VGA atau Grapic Card

Komponen yang menentukan kualitas dari grafis PC kalian. VGA adalah aspek yang membuat pc builder berfikir keras untuk memilih. Tetapi VGA dapat dikatakan penunjang penting untuk PC, aspek ini tak akan pernah ada habisnya jika kalian tidak pernah merasa puas.

RAM

Singkatan Random Access Memory komponen terpenting selanjutnya dari perangkat PC anda. RAM berfungsi sebagai penyimpan data sementara (tidak permanen seperti hardisk). Berfungsi sebagai memory pengingat akses apa saja yang kita gunakan, sehigga bila kita ingin mengulang proses pengerjaan, PC anda tidak mengulang perintah dari awal.

Storage (HDD atau SSD)

Komponen yang tidak dianggap penting bagi PC builder, karena fungsinya untuk menyimpan data. Penggunakan hardisk cukup memikirkan umur storage kalian. Tentunya kalian tidak ingin data penting kalian terhapus.

Untuk Pemilihan Storage yang baik yang cocok dengan keperluan anda, cek artikel sebelumya yang membahas tentang : SSHD Perangkat Penyimpanan Data Terbaik 2018

Begitulah sekilas mengenai perangkan PC yang perlu anda tahu sebelum merakit PC. Tanpa panjang lebar lagi saya akan menjelaskan mengenai tipe PC Motherboard Untuk Gaming.

Macam-macam Tipe PC Untuk Gaming.

PC Dengan Tipe Low-End

Tipe Low-End memili harga yang lebih rendah dari console game modern yang ada saat ini seperti PlayStation 4 atau Xbox One, tetapi tipe ini masih bisa memainkan game yang baru, tetapi dengan settingan rata-rata. Tipe ini memiliki harga rakit kira-kira 3-4 jt, biasanya penjual spesifikasi menekan harga processor dan VGA.

PC Dengan Tipe Mid-End

Tipe Mid-End dapat memainkan game baru dengan settingan yang diatas rata-rata. Dengan pengaturan ini kalian sudah bisa mencoba resolusi grafis 1080p dengan kecepatan 40 fps. Harga yang ditawarkan biasanya sekitar 6-7 jt.

PC Dengan Tipe High-End

Tipe High-End memang diperuntukan untuk penggila kinerja maximum dari PC. Dengan settingan High-End kalian bisa bermain game dengan resolusi 1920×1080 dengan kecepatan 60 fps, tampilan grafis tentunya maximal (rata kanan). Harga yang ditawarkan biasanya sekitar 9-12 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons
Scroll Up