Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar Untuk Mahasiswa Senior

Untuk memastikan Anda adalah pemohon yang kompetitif untuk posisi apa pun di industri apa pun, Anda harus memiliki resume atau surat lamaran yang kuat yang menyoroti kemampuan Anda dan membedakan Anda dari yang lain (mungkin ratusan) pemohon yang mengajukan posisi yang sama. Berikut adalah lima tip untuk membantu senior perguruan tinggi mengembangkan resume yang bisa membuat perusahaan tertarik untuk menerimamu.

  1. Tentukan Format

Resume dapat diformat dalam beberapa cara, masing-masing memainkan kekuatan yang berbeda. Salah satu format yang umum adalah resume kronologis terbalik tradisional di mana pengalaman kerja tercantum dalam urutan dimulai dengan posisi terbaru yang dipegang. Jika Anda bekerja saat Anda masih kuliah, mungkin pada pekerjaan paruh waktu atau magang, pilihan ini mungkin bagus untuk menyoroti peningkatan tanggung jawab.

Jenis format resume lainnya lebih berfokus pada fungsi, prestasi, dan keterampilan, yang mungkin terbaik bagi mereka yang melamar pekerjaan yang memerlukan keterampilan khusus seperti desain, pemrograman komputer, teknik, atau bidang teknis lainnya. Jenis resume ini juga bagus untuk mereka yang baru mengenal pasar kerja, sedang mengubah industri, atau memiliki kesenjangan dalam pekerjaan.

Ini adalah pilihan yang baik jika Anda lulus dengan pengalaman kerja yang sangat sedikit, namun mendapatkan banyak keahlian khusus di kursus perguruan tinggi-Anda mungkin tidak dapat mendaftarkan pekerjaan dan tanggung jawab masa lalu, namun Anda dapat memiliki keterampilan yang berkembang dengan baik dan menarik atau bagian proyek

  1. Menyesuaikan Konten dengan Uraian Pekerjaan

Setiap pekerjaan yang Anda terapkan akan sedikit berbeda dari yang sebelumnya, mengapa Anda mengirimkan resume atau surat lamaran yang sama? Sesuaikan isi resume atau surat lamaran Anda dengan pekerjaan yang Anda ajukan. Anda harus benar-benar membaca deskripsi pekerjaan dan mencoba menyoroti materi permohonan Anda mengapa Anda cocok dengan posisi atau perusahaan. Untuk melakukan ini, tulis resume dengan tujuan karir yang spesifik.

Setelah Anda melakukan ini, mulailah melihat lowongan pekerjaan. Untuk masing-masing, sorot keterampilan dan pengalaman yang mereka cari yang Anda miliki, dan pastikan mereka tergabung dalam resume Anda.

Anda juga bisa melakukan sedikit riset tentang perusahaan itu sendiri dan menulis di surat lamaran Anda mengapa Anda ingin bekerja untuk perusahaan tertentu itu. Seorang manajer perekrutan kemungkinan akan tergelitik dan terkesan saat membaca aplikasi yang lebih bijaksana, bukan penyerahan generik.

  1. Tambahkan Beberapa Kepribadian

Anda adalah orang yang unik dengan kekuatan, minat, dan kepribadian Anda sendiri-menunjukkan hal itu! Selain mempekerjakan kandidat yang memenuhi syarat, mempekerjakan manajer ingin mempekerjakan kolega yang baik-seseorang yang sesuai dengan dinamika tim saat ini.

Mempekerjakan manajer dapat memilah-milah puluhan lusinan resume di mana pelamar tidak memberikan indikasi tentang siapa mereka sebenarnya, hanya apa yang telah mereka lakukan. Rempahkan resume Anda sedikit dengan menunjukkan beberapa kepribadian Anda. Ini paling mudah dilakukan di surat lamaran Anda. Jangan pergi dari atas, tapi gunakan suara Anda sendiri dan sorot siapa Anda di aplikasi Anda.

  1. Periksa Kesalahan

Ini tidak bisa dikatakan cukup; jangan kirim resume dengan kesalahan Periksa, periksa ulang, periksa tiga kali, tunggu, lalu periksa lagi. Resume dan surat pengantar mengandung begitu banyak informasi.

Sebagai penulis informasi tersebut, akan lebih sulit untuk memperhatikan kesalahan ketik atau tata bahasa yang buruk, jadi pertimbangkan untuk memiliki teman, anggota keluarga, atau anggota pusat karir yang tepercaya di sekolah Anda yang meninjaunya. Aplikasi Anda harus menunjukkan diri Anda yang terbaik, jadi ajukan upaya yang diperlukan untuk memastikan hal itu berhasil!

  1. Meminta Bantuan

Jika Anda bingung saat menulis resume Anda, Anda beruntung sebagai mahasiswa, karena kebanyakan kampus memiliki pusat karir yang tersedia bagi siswa saat ini. Kunjungi pusat karir, cari tahu tentang layanan mereka, dan jadwalkan janji dengan seorang konselor karir. Mereka harus dapat membantu resume Anda, apakah Anda tidak tahu harus memulai dari mana atau Anda memerlukan seperangkat mata kedua untuk meninjau pekerjaan Anda.

Seiring kelulusan mendekat, Anda akan ingin dipersiapkan sebaik mungkin untuk memasuki pasar kerja. Menulis resume mungkin bukan hanya sekedar sanbil minum teh, tapi jangan tunda. Memiliki waktu yang cukup untuk menulis dan mengedit resume Anda akan terbayar dalam jangka panjang bila Anda memiliki dokumen profesional berkualitas tinggi dan dipoles yang dapat Anda kirimkan ke calon atasan perusahaan. Semoga sukses dengan pencarian pekerjaan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons
Scroll Up